Geliatkan Kuliner Lokal Ketua DPRD Launching Jumat Makan Makanan Khas Sumbawa

Sumbawa-Besar,Ai9News.id— Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq kembali mengeliatkan semangat back to Tradisi, Kali ini Jumat siang (18/11)/ ketua DPRD mengajak beberapa koleganya untuk menikmati makan siang dengan menu khas Sumbawa diantaranya Sepat,(Sepat meresek) Pelu, dan Ayam Bumbu Sirasang komplit dengan Kerupuk kulit Mikong.

Dihadapan media ini (18/11) Abdul Rafiq mengatakan setelah beberapa waktu lalu kami mengajak dan membiasakan untuk minum kopi lokal Sumbawa di Kantor DPRD, kali ini mengajak kembali untuk makan sajian khas Sumbawa setiap Jumat di Kantor DPRD.
“Disaat bekerja kita dapat berbuat untuk memajukan UMKM kita. Kuliner lokal yang ada dapat kita majukan dan berikan semangat untuk berkembang, meningkatkan kualitas rasa dan kemasannya. Salah satunya melalui launching ala Ketua DPRD yakni makan bersama dengan menu khas lokal Sumbawa. ” Ujarnya.

“Insya Allah hal ini akan kita lakukan setiap hari Jumat,dan kita harapkan di Dinas maupun tempat lainnya di Daerah ini dapat melaksanakan, se hingga Kuliner-kuliner lokal kita dapat berkembang dan lebih semangat sajian menunya bisa disesuaikan karena banyak sekali makanan khas daerah kita di Nusantara ini khususnya yang ada di Daerah kita,” Ujarnya.

Ditempat yang sama hadir pula Ketua FK2D Kabupaten Sumbawa dan beberapa kepala Desa, Komunitas Silaturrahim Nusantara, dan berapa tamu lainnya. Tampak para tamu sangat menikmati dan puas dengan cita rasa yang disajikan.
“Dengan kehadiran para kepala Desa Ketua DPRD berharap untuk dapat membangun kuliner khas Sumbawa di daerah masing-masing dengan sentuhan pembinaan dan anggaran dari Desa Insya Allah UMKM kita di Desa akan maju,” harap Rafiq.

Diketahui bahwa makanan khas Daerah Sumbawa umumnya memiliki makanan berkarakter asam dan asin. Namun demikian, banyak macam kuliner khas Tanah Samawa dengan berbagai cita rasa.
Salah satu Makanan khas daerah Sumbawa yaitu sepat. Kuliner yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat NTB, sehingga belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Sumbawa tanpa mencicipi sepat. Sepat merupakan makanan berkuah asam berisi ikan bakar, asam sumbawa, irisan tomat, belimbing wuluh, kemiri, terong, dan sebagainya. Adapun ikan yang digunakan biasanya ikan kakap atau baronang.

Demikian pula aneka makanan khas Sumbawa lainnya seperti Gecok, Pelu, Rarit, Jangan Bage, sayur daun kelor aneka sambal dan sebagainya.(Enk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *