Lulus sertifiakasi Wasit Tier B, Totok Hari Dewanto, S.T menjadi wasit pertama di NTB yang tersertifikasi secara Nasional.

Sumbawa-Besar,Ai9News.id–Dalam dunia esport, wasit berperan sangat penting dalam sebuah tournament esport. Dalam hal ini Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) bersama gaudaku menggelar Pelatihan Wasit Esport Tier B dalam batch pertama. Kegiatan Wasit berlisensi PB ESI adalah program dari akademi esport Garudaku.

Tujuan dari program ini sendiri yaitu mengarah pada Refere Golden Rules yang bertujuan untuk meningkatkan dan menaungi serta mengutamakan kepentingan PB ESI khususnya dalam regulasi kegiatan.

Kegiatan ini memiliki jenjang karir dari wasit tier C, Tier B, Tier A, dan terakhir Internasional. Dalam kegiatan yang berlangsung di bulan Juni 2023 ini tercatat beberapa perwakilan dari pengurus ESI mengirimkan perwakilan nya dalam mengikuti pelatihan ini. Dari ESI Sumbawa sendiri mengirimkan perwakilan yaitu Totok Hari Dewanto, S.T pada pelatihan wasit dalam tier B dan beliau berhasil lolos dalam pelatihan tersebut.

Hal ini membuat beliau menjadi satu satunya wasit di NTB yang memiliki sertifikat wasit berlisensi resmi dari PB ESI.

Terdapat tiga tahap kegiatan yang harus dilakukan olehg para peserta yaitu di tahap pertama adanya pembekalan oleh narasumber selama kurang lebih seminggu, kemudian tahap kedua yaitu ujian atau adanya tes tulis bagi para peserta dan tahap ketiga atau tahap terakhir yaitu tes wawancara. Nilai pasinggrade yang harus didapatkan pada tahap 1 dan 2 mencapai 70 persen, hal ini agar para peserta bisa memasuki tahap terakhir pada pelatihan yaitu sesi wawancara.

Barulah kemudian dari hasil wawancara tersebut peserta dinyatakan layak dan lulus sebagai wasit. Para peserta yang lulus maka secara otomatis namanya akan dimasukkan ke database menpora sebagai wasit yang berlisensi.

Widi, selaku ketua PB ESI Sumbawa memberikan tanggapannya terkait kegiatan ini, “Kami dari PB ESI Kabupaten Sumbawa terus mendukung pengembangan karir dari para pengurus kami. Selain wasit tersertifikasi, kami juga memiliki program kerja mengirimkan pengurus lainnya untuk dapat memperoleh sertifikasi pada level-level nasional seperti sertifikasi kepelatihan,”kata Widi.

Dengan hadirnya wasit tersertifikasi di Sumbawa, diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme atlet dalam mengikutik kompetisi-kompetisi esports serta meningkatkan kualitas turnament yang diselenggarakan oleh panitia.(enk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *