Pembangunan Dua Bendung Jadi Proyek Strategis Kabupaten Sumbawa 2024

Sumbawa Besar, Ai9news.id – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sumbawa Dian Sidharta ST. MM dalam keterangan Pers diruang kerjanya Rabu (07/08/2024) mengungkakan dari sejumlah paket proyek pembangunan yang dilaksanakan tahun 2024 ini ada dua paket proyek pembangunan Bendung yang masuk dalam proyek strategis Kabupaten Sumbawa.

Kedua proyek pembangunan Bendung dengan menyerap bantuan anggaran DAK tahun 2024 mencapai total sekitar Rp 8 Miliar tersebut terang Dian Sidharta, yakni untuk Bendung Aik Putik Rhee Loka Kecamatan Rhee dengan nilai pagu Rp 1,780 Miliar, dan Bendung Batu Sowan Kecamatan Buer dengan pagu Rp 5,395 Miliar.

“Saat ini kedua paket proyek pembangunan Bendung tersebut tengah dikerjakan oleh rekanan kontraktor, dimana untuk Bendung Aik Putik Rhee Loka itu telah dilakukan pekerjaan pasangan pondasi dengan progres fisik dibawah 30%, sementara untuk Bendung Batu Sowan Buer sudah dilakukan Pra Construction Metting (PCM) dan nyeset badan Bendung,” papar Dian Sidharta.

Menurutnya, kedua paket proyek pembangunan Bendung tersebut, masuk dalam proyek strategis Kabupaten, karena kedepan diharapkan kedepan ketersediaan pasokan air untuk mengairi areal lahan pertanian, bagi tumbuhan dan hewan dapat terpenuhi dengan baik, sekaligus menjaga ketahanan dan ketersediaan pangan yang cukup, ujarnya.

Begitu pula terkait dengan rencanaa program pembangunan ynng diusulkan untuk tahun 2025 mendatang sambung Dian Sidharta, untuk bidang Air Minum dan Sanitasi (AmSan), alhamdulillah kita Sumbawa telah mendapatkan lampu hijau dari Pusat terkait dengan adanya bantuan DAK yang dinilai meningkat jika dibandingkan dari tahun lalu, yakni mencapai sekitar Rp 12 Miliar, untuk irigasi ada sekitar Rp 11 Miliar masih dalam taahap evaluasi, sedangkab untuk Bina Marga masih dalam angka Rp 9 Miliar dan sudah masuk dalam aplikasi krisna DAK, dan aplikasi Sitiya untuk program Inpres Jalan Daerah (IJD), pungkasnya.(Ai9/03)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *