Bupati Sumbawa Buka Diklat Paskibraka 2024

Sumbawa Besar, Ai9news.id – Bupati Sumbawa diwakili Asisten I Setda Sumbawa Drs Irawan Surbekti, secara resmi membuka kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) anggota Pasukan Kibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Sumbawa tahun 2024, bertempat di pemusatan Diklat di Hotel Tambora Sumbawa, Kamis (08/08/2024) yang dihadiri sejumlah pimpinan OPD, Fasilitator, pelatih dan pamong Diklat.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Sumbawa Drs Abdul Azis M.Si diwakili Kabid Idiologi Wawasan Kebangsaan Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya dan Agama Taufik Abdul Syukur dalam kataa sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Diklat bagi 26 orang anggota Paskibraka Sumbawa tahun 2024 ini dilaksanakan di Tambora Hotel dari 8 – 18 Agustus 2024.

“Adapun sejumlah materi yang diberikan kepada anggota Paskibraka Sumbawa 2024 tersebut, meliputi materi pembelajaran aktif, yaitu Pancasila dan wawasan kebangsaan, ketahanan nasional, kewarganegaraan, kewaspadaan nasional, literasi digital dan kepaskibrakaan, dengan materi latihan berupa pelatihan dasar kepemimpinan, peraturan baris berbasis dan ketrampilan serta praktek pengibaran dan penurunan bendera,” papar Taufik Abdul Syukur.

Bupati Sumbawa diwakili Asisten 1 Setda Sumbawa Drs Irawan Surbekti dalam sambutannya mengatakan hari ini adalah momen yang sangat penting dan bersejarah bagi kita semua, khususnya bagi anak-anakku para calon Paskibraka, dan kalian telah terpilih sebagai putra putri terbaik yang akan mengemban tugas mulia pada peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Sumbawa pada 17 Agustus 2024 mendatang, namun tugas ini bukanlah tugas yang ringan, namun penuh kehormatan dan tanggung jawab.

Proses rekruitmen dan seleksi calon Paskibraka di Kabupaten Sumbawa tahun 2024 ini terang Bupati Sumbawa, alhamdulillah telah dilaksanakan dengan penuh integritas, tahapan seleksi dilakukan secara adil, terbuka dan transparan, sehingga mereka yang terpilih adalah benar-benar memiliki kualitas dan komitmen tinggi, ujarnya.

“Paskibraka bukan sekedar pasukan pengibar bendera, mereka adalah simbol dari semangat nasionalisme, patriotisme dan persatuan bangsa. Para calon Paskibraka adalah generasi muda yang diharapkan menjadi penerus bangsa yang berintegritas dan berdedikasi tinggi. Tugas ini bukan hanya tentang ketrampilan teknis, tetapi juga tentang nilai-nilai luhur yang harus ditanamkan dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari,” tandas Bupati Sumbawa.

Kepada para pelatih, Fasilitator dan pamong, Bupati Sumbawa berpesan agar dalam memberikan pendidikan dan pelatihan selalu menjunjung tinggi prinsip-prinsip kemanusiaan dan profesionalisme, ujarnya.(Ai9/03)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *