ESI Sumbawa Lakukan Pembinaan Komisi Wasit

Sumbawa-Besar,Ai9News.id–Pembukaan Pembinaan Komisi Wasit 2024 yang dilaksanakan oleh ESI Sumbawa, Minggu,(25/8).Acara tersebut juga dirangkaikan dengan Turnamen Free Fire Special dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun RI ke -79

Diketahui tahun ini PBESI memprioritaskan program-program pengembangan komunitas, oleh karena itu ESI SUMBAWA menggelar sebuah kegiatanyaitu pembentukan komisi wasit, yang akan melalui proses pembinaan terlebih dahulu.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari ketua ESI Sumbawa, I Made Widiarta, yang dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari kegiatan ini. “Tahun ini adalah tahunnya komunitas. Sebagaimana yang sering saya sampaikan, salah satu visi ESI adalah menciptakan ekosistem esports yang positif. Salah satu stakeholder yang terlibat adalah komunitas. Sehingga tahun ini progam-program ESI Sumbawa tahun ini berfokus kepada pengembangan komunitas. Mempermudah para stakeholder dalam mengadakan event. Beberapa kemudahan yang kita berikan kepada komunitas adalah Media Partner berikut dukungan untuk livestreaming, yang sedang berjalan saat ini adalah pembinaan wasit, selanjutnya kami rencananya akan mengadakan workshop untuk esports event orgranizer, beasiswa pelatih, serta masih banyak lagi”.

“Saat ini wasit menjadi salah satu faktor penentu kualitas dari sebuah event. Dengan meningkatnya kualitas dari wasit, diharapkan dapat meningkatkan juga kualitas event-event yang diselenggarakan oleh komunitas.” Lanjutnya.

Hal ini merupakan salah satu bentuk dukungan dari ESI SUMBAWA kepada para komunitas esport dalam mengadakan sebuah event, dimana melalui pembinaan ini diharapkan dapat membentuk sebuah wasit yang terakreditasi dalam berjalannya sebuah event.

Sementara itu  KONI SUMBAWA yang diwakili oleh Amir selaku Ketua Bidang Organisasi KONI sebagai pendukung atas terbentuknya pembinaan komisi wasit ini. Amir menegaskan bahwa orang-orang yang bergelut dibidang esport ini akan dilatih dalam ke fokusannya dan dilatih dalam mengambil sebuah keputusan yang tepat dan cepat, dengan adanya pelatihan pembinaan ini, kalian semua diharapkan bisa menjadi orang yang disiplin dalam menjalankan tugasnya.

Pembinaan komisi wasit ini diketuai oleh ketua bidang wasit dan keplatihan,  Totok Heri Dewanto dimana beliau merupakan salah satu wasit tier B yang sudah terakreditasi. Dengan hal ini ESI SUMBAWA sudah sangat siap dalam menciptakan wasit-wasit baru yang tentu saja akan berkualitas nanti nya.
Pembinaan ini akan diikuti oleh seluruh peserta yang berumur mulai dari 18-3/ tahun dan akan diadakan selama kurang lebih satu bulan. Pak totok menjelaskan bahwa

“ Disetiap minggu selama dua kali pertemuan kalian akan diajarkan bagaiamana caranya mengatur emosi dan kontrol terlebih dahulu, barulah nanti diajarkan ilmu²terkait wasit itu sendiri “kata Toto.

Pada sore hari, acara ini ditutup oleh ketua KONI Sumbawa, Abdul Rafiq, SH. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh ESI Sumbawa. “Silahkan adik-adik atlet berkompetisi dengan sportif. KONI melalui ESI sudah menyiapkan ruang untuk adik-adik menyalurkan bakatnya menjadi prestasi. Saya mendukung kegiatan dari ESI ini, bahkan tidak menutup kemungkinan ke depannya kita adakan kegiatan yang lebih besar lagi.” Ucapnya. Selain itu, bpk Abdul Rafiq yang juga dikenal dekat dengan millenial ini juga memberikan hadiah langsung kepada para pemenang event Free Fire.
Diketahui bahwa semua peserta akan diajarkan menjadi wasit untuk semua gandre game, jadi ketika para komunitas membutuhkan wasit dalam satu game mereka diharapkan sudah siap untuk digunakan dalam genre game apapun. Acara ini berlangsung dengan lancar dan mendapatkan antusiasme tinggi dari peserta serta penonton. Rekan-rekan komunitas yang ingin mendapatkan benefit dari ESI baik itu media partner, live streaming, atau wasit bisa menghubuni ESI melalui Sosial Media kami. Insyaallah tim Humas kami akan menanggapi respin rekan-rekan semua.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung kesuksesan acara ini. Semoga acara ini dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan eSports di Sumbawa dan meningkatkan kualitas kompetisi di masa mendatang.(Enk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *