KPUD Sumbawa Terima 4 Pasangan Bacabu/Bacawabu Untuk Pilkada 2024

Sumbawa Besar,Ai9news.id– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa telah melaksanakan tahapan pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Periode 2024-2029, yang berlangsung dari 27-29 Agustus 2024.

Sejak hari pertama pendaftaran tanggal 27 Agustus sampai dengan hari terakhir 29 Agustus kemarin, terdapat 4 pasangan Bacabu/Bacawabu yang terdaftar dengan persyaratan yang lengkap.

Ketua KPUD Sumbawa Syamsi Hidayat, S.Ip menjelaskan, di hari pertama pendaftaran, pihaknya menerima bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd – Ir. Talifuddin (Novi – Talif).

Di hari kedua, pasangan Abdul Rafiq, S.H dan H. Sahril, S.Pd (RASA). Sementara hari ketiga, terdapat dua bakal pasangan calon yang mendaftar, yakni, Drs. H. Mahmud Abdullah – H. Burhanuddin Jafar Salam, SH,(Mo – BJS) dan pasangan Ir. H. Syarafuddin Jarot, M.P – Drs. H. Mohamad Ansori (Jarot – Ansori).

“Kita melihat semua dokumen persyatan calon dan pencalonan mereka sudah lengkap. Mereka telah kami berikan surat tanda terima pendaftaran dan surat pengantar untuk tes kesehatan di rumah sakit provinsi di Mataram,” Papar Syamsi.

Tahapan selanjutnya, jelas Syamsi, KPU akan melakukan penetapan pasangan calon pada tanggal 22 September mendatang. Kemudian, penarikan nomor urut pada tanggal 23 September. Selanjutnya, 3 hari setelah penetapan, memasuki masa kampanye yang akan berlangsung selama 65 hari.

“Selanjutnya masa tenang 3 hari dan baru dilakukan pungut hitung di tanggal 27 November 2024,” jelasnya.

Ia berharap semua tahap dapat berjalan dengan lancar sesuai ketentuan yang berlaku. Ia juga berharap, selama tahapan ini, para pendukung dan simpatisan agar dapat memaknai ini sebagai pesta rakyat yang dilaksanakan 5 tahun sekali.

“Jadi bagaimana kita memaknai itu, harus damai, nyaman dan kondusif, sama-sama saling menghargai meski berbeda pilihan,” harap Syamsi.(ikh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *