KPU Bersama LPPD Pulau Sumbawa Sosialisasi Pilkada 2024 Kepada Penyandang Disabilitas

Sumbawa-Besar,Ai9News.id–KPU Kabupaten Sumbawa Bersama Lembaga Peduli Penyandang Disabilitas Pulau Sumbawa (NTB) memberikan Pendidikan dan informasi tentang penyelenggaraan Pemilukada Sumbawa 2024 terhadap penyandang disabilitas, Jumat,(4/10)  di Gedung Serbaguna Desa Nijang.

Kadiv Hukum dan Pengawasan KPUD Sumbawa, Ardani Hatta menjelaskan,Pilkada pada akhir Novemver 2024 memiliki beberapa tahapan, dan Proses dalam pilkada dibagi beberapa Pemilih, salah satu pemilihnya adalah Disabilitas. Di Kab. Sumbawa, Disabilitas yg terdaftar dalam Pemilihan Pilkada Berjumlah Lebih dari 2500 jiwa yg diantaranya ada yang Tuli, Tuna Netra, Fisik dll.

Yang Hadir di acara ini sebanyak 40 org Disabilitas sesuai dgn Jumlah Kuota yang dibuat oleh KPU, dari 40 org dapat dipersentasikan bahwa yg mengetahui identitas Calon Bupati dan Wakil Bupati serta Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dpt dipersentasikan sebesar 10% dari Total yang hadir. Identitas saja belum diketahui apalagi Visi Misi dari setiap Calon.

“Ini adalah catatan penting bagi kita semua bahwa Pilkada ini tidak hanya berbicara Orang yg normal, tapi disabilitas harus juga di pandang lebih baik lagi, ungkap Ketua LPPD Pulau Sumbawa.dokter Nuzul Prasetyo.

Dengan Kegiatan ini, lanjut Nuzul, dapat memberikan wawasan kepada peserta terkait proses tahapan dan siapa calon dari Bupati serta Gubernur.

dr. Nuzul mengatakan kegiatan ini sangat oenting dalam pendidikan n keilmuan mengenai Pilkada karena Rata2 Disabilitas itu Tidak Paham terkait Pemilihan Umun baik itu Pilkada atau yang sebelumnya Pemilu PilPres dll. Dan Tempat TPS itu kebanyak tidak ramah disabilitas, contohnya Disabilitas Tuli, ketika Pergi ke TPS, Ketika Di panggil nama mereka, krn tidak ada Bahasa isyarat mereka tidak tau bahwa mereka yang akan nusuk di balik bilik untuk proses penusukan Suara. Jadi saran saya Setiap TPS wajib punya pendamping khusus Disabilitas yang selalu stay di tempat. Kemudian kegiatan lainnya wajib mengundang disabilitas kegiatan apapun itu krn ini akan berdampak besar disabilitas.(ikh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *