Polres Sumbawa Ikut Ambil Bagian Dalam Penanaman 1.000 Pohon Di Labuhan Terata

Sumbawa Besar,Ai9News.id– Dalam upaya pelestarian ekosistem laut, Kabag Ops Polres Sumbawa AKP Yuswanto SH, bersama dengan jajaran Polsek Lape, mengikuti kegiatan penanaman 1000 pohon mangrove di Dusun Labuhan Terata Selatan, Desa Labuhan Kuris, Kecamatan Lape, Sabtu (19/10/24) pagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forkopimca, serta personel TNI dan Polri dan bekerja sama dengan masyarakat setempat.

Saat dikonfrimasi usai kegiatan, Kabag Ops mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan Polri hari ini adalah bentuk dukungan dan kepedulian Polri terhadap lingkungan.

AKP Yuswanto menekankan pentingnya pohon mangrove dalam menjaga keseimbangan ekosistem pesisir, Mangrove memiliki peran vital dalam melindungi pantai dari abrasi dan juga sebagai habitat berbagai spesies laut. “Selain itu, keberadaan mangrove dapat dimanfaatkan sebagai destinasi wisata baru yang mendukung perekonomian masyarakat, terutama bagi mereka yang tinggal di wilayah pesisir,” ujarnya.

Labih lanjutnya, bahwa acara ini menunjukkan semangat gotong royong yang tinggi, dengan semua pihak bahu-membahu menanam bibit mangrove di sepanjang pantai. Warga masyarakat setempat sangat antusias, melihat potensi positif yang dapat dihasilkan dari kegiatan ini, baik dari segi ekologi maupun ekonomi.

Dengan penanaman 1000 pohon mangrove ini, diharapkan dapat menciptakan area wisata yang menarik dan berkelanjutan, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. Kegiatan ini diakhiri dengan doa bersama, berharap agar semua bibit yang ditanam dapat tumbuh subur dan memberikan manfaat bagi generasi mendatang.

Kabag Ops Polres Sumbawa itu juga berpesan dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan, demi masa depan yang lebih baik dan lestari bagi Kabupaten Sumbawa. (ikh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *