Melestarikan Ekosistem Pesisir dan Mencegah Abrasi Pantai, Pjs. Bupati Sumbawa Ajak Warga Tanam Mangrove

Sumbawa-Besar,Ai9News.id–Pjs Bupati Sumbawa beserta Rombongan melaksanakan Penanaman Mangrove di Labuhan Teratak, Lape, Sumbawa pada Sabtu, (19/10/2024). Kegiatan ini merupakan upaya nyata melestarikan ekosistem pesisir sekaligus mencegah abrasi pantai. Aksi penanaman mangrove ini, juga melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk guru-guru dan siswa-siswi dari sekolah-sekolah di Labuhan Teratak dan sekitarnya.

Pjs Bupati Sumbawa, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., M.M., menyampaikan penanaman ini, merupakan upaya pelestarian lingkungan dan upaya preventif untuk mengurangi risiko abrasi yang dekat dengan perkampungan nelayan. Mangrove yang ditanam saat ini Sebanyak 1.000 bibit mangrove dan kedepannya akan ditanam lebih banyak lagi. Penanaman ini akan terus berlanjut di beberapa titik lain di Kabupaten Sumbawa, seperti di Labuhan Sawo, Pulau Kaung, dan Pantai Gelora. Ujarnya.

Pjs Bupati selanjutnya melakukan peninjuauan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Labuhan Teratak dan Sentra Produksi Garam di Labuhan Kuris. Peninjauan ini dilakukan dalam rangka optimalisasi sumber daya pesisir yang berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat Kecamatan Lape.

Pjs Bupati menyampaikan bahwa TPI Labuhan Teratak dan sentra produksi garam di Labuhan Kuris merupakan sektor kelautan dan perikanan yang memiliki potensi yang besar untuk terus di dorong dan di maksimalkan. Hal ini, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. oleh karenanya, Pjs Bupat berkomitmen untuk mengupayakan dukungan yang dibutuhkan oleh para petani garam untuk memfasilitasi pengadaan alat-alat produksi yang diperlukan. Cetusnya.

Pjs Bupati juga meninjau kegiatan pelayanan kesehatan gratis dan Gerakan Pangan Murah di Desa Labuhan Kuris. Pjs Bupati meyampaikan GPM ini merupakan upaya pemerintah untuk memastikan masyarakat mendapat kebutuhan pangan berkualitas dengan harga terjangkau hingga pelosok desa. Jelasnya.

Pjs bupati berharap melalui pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis dapat memberikan masyarakat setempat, untuk dapat melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan yang diperlukan. Harapnya.

Disaat yang sama, Pjs Bupati juga menyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat di Labuhan Teratak. Penyaluran ini merupakan bentuk upaya pemerintah untuk memastikan masyarakat pesisir tetap memiliki akses air bersih selama musim kemarau.

Selain itu, Pjs Bupati juga bersilahturrahmi dengan Koordinator Wilayah (Korwil) dan Kepala Sekolah se-Kecamatan Lape di SDN Labuhan Teratak.

Pjs Bupati menyampaikan pentingnya peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendidikan, seperti renovasi ruang kelas dan pembangunan ruang kelas baru (RKB). Peningkatan kualitas Pendidikan harus menjadi fokus pemerintah daerah dikarenakan sektor Pendidikan merupakan salah satu program prioritas utama nasional. Tegasnya.

Pjs Bupati juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat, untuk tetap menjaga kondusifitas daerah menjelang pilkada 2024 yang semakin dekat. Jangan sampai perbedaan pandangan politik merusak hubungan yang ada di masyarakat,” tutupnya.(Enk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *