Sumbawa Raih Penghargaan ITKP Terbaik Kedua se-Provinsi NTB

Sumbawa Besar, Ai9news.id – Pemerintah Kabupaten Sumbawa menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan tata kelola pengadaan barang/jasa yang baik dan transparan.

Hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan Indeks Tata Kelola Pengadaan (ITKP) terbaik ke-II Se-Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2023.

Pencapaian membanggakan ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi seluruh jajaran pemerintah daerah, khususnya tim pengadaan barang/jasa Kabupaten Sumbawa.

Adapun penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi NTB H. Wirawan Ahmad, S.Si., MT kepada Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setda Kab. Sumbawa Abdul Haviedz, St.,M.Ec.Dev.

Penghargaan diterima pada acara Rapat Koordinasi UKPBJ Se-Provinsi NTB dengan tema “Akselerasi UKPBJ Se-Provinsi Nus Tenggara Barat untuk Meningkatkan Nilai ITKP dan Realisasi Pembelanjaan PDN” di Hotel Lombok Astoria Mataram.

Hadir pula pejabat LKPP RI , Pejabat BPKP dan Perangkat UKPBJ serta praktisi pengadaan se-NTB.

Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setda Kab. Sumbawa Abdul Haviedz, St., M.Ec.Dev,. kepada media ini menjelaskan bahwa, penilaian ITKP merupakan penilaian atas indikator yang menyeluruh dan kompleks antara lain terdiri atas pemanfaatan aplikasi SPSE, baik itu SiRUP, e-Tendering, e-Purchasing, e-, Non e-Tendering, maupun Non e-Puchasing.

Selain itu penilaian juga meliputi kualifikasi dan kompetensi Sumber Daya Manusia Pengadaan Barang/Jasa serta tingkat kematangan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ).

Kabupaten Sumbawa kata Haviedz, berhasil meraih 77,79 poin, menunjukkan peningkatan signifikan dari 34,90 poin di tahun 2022, setelah Pemerintah Kota Bima yang meraih 90,07 point.

“Point capaian Pemerintah Kabupaten Sumbawa naik hingga lebih 33,89 poin dari tahun sebelumnya, yaitu dari 34,90 Tahun 2022 menjadi 77,79 poin di tahun 2023,” terang Abdul Haviedz.

Lanjutnya, keberhasilan ini merupakan bukti nyata komitmen Pemkab Sumbawa dalam menjalankan pengadaan barang/jasa yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh LKPP RI.

“Penghargaan ini juga menjadi motivasi bagi Pemkab Sumbawa untuk terus meningkatkan kualitas dan kinerja pengadaan barang/jasa di masa depan,” jelasnya.

Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi NTB, Bapak H. Wirawan Ahmad, S.Si., MT., menyampaikan apresiasi atas kerja keras dan komitmen tim pengadaan di lingkungan Pemerintah Provinsi NTB dan Kabupaten/Kota se-NTB. Ia berharap prestasi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan di masa depan.

“Pencapaian ini juga sejalan dengan arahan Pj. Gubernur NTB, yang berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan kinerja pengadaan barang/jasa pemerintah dan PDN. Pengadaan barang/jasa yang baik dan transparan menjadi salah satu instrumen penting dalam mendukung pembangunan dan pelayanan publik yang berkualitas,” ungkap Wirawan.

Diharapkan dengan diraihnya penghargaan ini, Pemkab Sumbawa dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam mewujudkan tata kelola pengadaan barang/jasa yang baik dan transparan.

“Semoga dengan penghargaan ini, pembangunan di Kabupaten Sumbawa dapat berjalan dengan lebih efektif, efisien, dan akuntabel,” pungkasnya.*Ai9)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *