DINAS P2KBP3A GELAR RAKERDA DIRANGKAI DENGAN PENGUKUHAN PENGCAB. ANDALAN KELOMPOK UPPKS

Dinas P2KBP3A (Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Kab. Sumbawa menggelar Rapat Kerja Daerah Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) tahun 2019 yang dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus cabang Asosiasi Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UPPKS) Kabupaten Sumbawa pada Kamis pagi (20/6) di Aula H. Madilaoe ADT Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa. Hadir pada acara tersebut Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan, Ketua TP. PKK Kab. Sumbawa beserta jajaran,  Ketua BPD AKU Provinsi NTB beserta jajaran, pimpinan OPD, para Camat.

Bupati Sumbawa dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati Bidang SDA dan Kemasyarakatan Drs. Zainal Abidin menyampaikan bahwa rakerda akan mengevaluasi dan membahas pelaksanaan program Keluarga Berencana setiap tahun di Kabupaten Sumbawa khususnya terkait dengan pengembangan kampung KB, sejauh mana hasil-hasil yang dicapai. Oleh karena itu, forum rapat ini hendaknya dapat dijadikan media untuk saling memberi masukan dan dukungan bagi sektor yang terkait dengan pengembangan kampung KB.

Dikatakan, sudah cukup banyak upaya-upaya yang telah dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas penduduk serta meningkatkan ketahanan dan kemandirian keluarga. Berbagai kegiatan bina keluarga sejahtera seperti Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Anak dan Remaja (bkr) dan Bina Keluarga Lansia (BKL) terus ditumbuhkembangkan agar mampu menjadi kelompok-kelompok kegiatan yang mampu memberi pencerahan bagaimana seharusnya membangun keluarga yang betul-betul berkualitas.

Bupati berharap, upaya menanamkan norma keluarga kecil melalui perencanaan besarnya anggota keluarga secara matang, tetap harus diprioritaskan, karena menjadi kunci dari keberhasilan. Terkait hal tersebut, Bupati minta Dinas Kesehatan sebagai salah satu unsur pelayan masyarakat bisa bekerjasama dengan instansi terkait sesuai dengan peraturan yang berlaku. Melalui forum tersebut, Bupati mengajak seluruh peserta untuk  memiliki kepedulian dan berkomitmen untuk membangun dan mensejahterakan seluruh masyarakat Sumbawa sebagai wujud tanggungjawab bersama.

Kepala Dinas P2KBP3A Kab. Sumbawa Tri Karyati, S.Sos melaporkan maksud diadakannya kegiatan tersebut untuk meningkatkan dukungan pemda dan mitra kerja dalam mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia khususnya Kab. Sumbawa melalui program KKBPK yang terintegrasi, sehingga pelaksanaan rakerda diharapkan dapat terwujudnya kampong KB sebagai pusat program KKBPK, meningkatnya akses dan kualitas pelayanan KKBPK, meningkatnya cakupan program advokasi dan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi), meningkatnya aksi kemitraan dan jejaring kerja program KKBPK, dan meningkatnya peran sektor. Mengangkat tema “Pengembangan kampung KB dalam rangka mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas menuju Sumbawa hebat dan bermartabat” , rakerda menghadirkan narasumber antara lain Kepala Bappeda Kab. Sumbawa terkait kebijakan pembangunan dan penganggaran bidang pengendalian penduduk, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sumbawa terkait integrasi penanganan stunting di kampung KB, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa terkait strategi penganggaran program KKBPK melalui Dana Desa di kampung KB. Dengan peserta seluruh Camat se-Kab. Sumbawa, TP. PKK Kabupaten dan Kecamatan, Kepala desa kampong KB, Kepala UPT Puskesmas, organisasi wanita, IBI, IDI. Dalam acara tersebut Ketua BPD AKU Provinsi NTB mengukuhkan 7 orang pengurus cabang Andalan Kelompok UPPKS Kabupaten Sumbawa. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *