Alumni Pondok Modern Al Hikmah Utan, GelarTajammuk Dan Silaturrahmi 

Sumbawa-Besar,Ai9News.id–Pondok modern Al hikmah Utan berdiri 18  tahun yang lalu di Koda permai, Kecamatan Uta, tepatnya tanggal 27 Juli 2006. Tajammuk dan silaturrahmi  para alumni angkatan pertama s/d kesebelas di pantai KITA Labu Padi, Ahad (28/7), adalah merupakan rangkaian memperingati hari jadi pondok modern Al hikmah yang ke 18 tahun.

Dalam kegiatan tersebut mereka membuat kesepakatan untuk sebuah organisasi “Ikatan keluarga pondok modern Al hikmah” Yang disingkat IKPH.
Adapun yangterpilih sebagai pengurus adalah :
Ketua, Ainuddin Abdul Halim (angkatan kelima) sekretaris, Lataniafizikrillah (angkatan kelima) dan bendahara, Mudidah (angkatan keempat). Dan ditambah dengan perwakilan disetiap wilaya termasuk luar negri.

Pimpinan pondok DGH Syihabuddin Muhammad mengatakan, IKPH adalah sarana untuk memperkuat tali silaturrahmi antar sesama alumni,  Saling tolong menolong sesama almamatir sehingga tidak saja bersatu dalam kenangan tapi juga maju dimasa depan.

“Dan yang paling penting diharapkan organisasi ini bisa membantu kelansungan pendidikan dipondok modern Al hikmah dimasa yang akan datang,” harap Dea Guru Syihabuddin.

Direktur KMI, Imam Sudarmono, M.Ag, dalam sambutannya mengatakan,
Ada cerita orang pare-pare Sulawesi pergi ke kota dan melihat ada kulkas di rumah tempat ia singgah, kemudian dia kembali ke rumahnya di Pare-Pare, dia pun membeli kulkas, kemudian ditanya oleh tetangganya, mengapa membeli kulkas? Dia menjawab, karena kulkas ini bagus, karena di tempatnya tidak ada listrik, akhirnya kulkas itu dipakai untuk menyimpan pakaian.

Dari cerita ini,lanjut Imam   ada pelajaran bagi alumni, bahwa ketika sudah di masyarakat, jangan hanya responsif atau ikut-ikutan, tetapi hendaknya memahami bagaimana yang sebaiknya dan hendaknya memiliki prinsip hidup yang kuat, tidak mudah terpengaruh dengan keadaan apalagi hal yang negatif.

“Usia Pondok kita memasuki usia 18 tahun, artinya usia ini merupakan fase pertumbuhan sehingga kita harus mampu bertahan dan tetap tumbuh berkembang maju.
Dalam System Pondok kita, Alumni adalah bagian dari System yang membantu pondok dalam mewujudkan visi misi pondok melalui transformasi ajaran-ajaran dan nilai-nilai pondok pesantren yang semuanya dijiwai oleh panca jiwa pondok yaitu keikhlasan, kesederhanaan, berdikari, Ukhuwwah Islamiyyah dan kebebasan,” kata Imam.

Alumni juga memiliki peran dalam memajukan pondoknya di berbagai aspek, baik di dunia pendidikan, sosial maupun ekonomi.
– Untuk menghadapi tantangan zaman yang global setidaknya alumni memiliki kompetensi kepemimpinan yang mumpuni. Kompetensi itu adalah 1. Capacity Building (Pengembangan Kapasitas Diri) terus berupaya untuk menambah wawasan , skill atau mengupgrade kemampuan. 2. Self Actualization (Aktualisasi Diri) yakni bersikap dewasa menyadari dan dan mampu memanfaatkan berbagai potensi yang ada dalam dirinya untuk mencapai suatu tujuan dalam hidup, memberikan kontribusi untuk almamater dan masyarakat 3. Social Skill (keterampilan sosial) yakni mampu dan terampil dalam menjalin interaksi yang baik dengan siapapun, memperluas jaringan kerjasama untuk bersama-sama memajukan pondok dan masyarakat 4. Public Value yakni alumni hendaknya senantiasa berkiprah di masyarakat dengan peran yang baik karena itu akan menjadi nilai alumni dari masyarakat dan akan berpengaruh kepada penilaian masyarakat terhadap almamater (pondok). Maka selalulah menjaga Marwah agama Islam, nilai-nilai dan ajaran-ajaran luhur pondok pesantren.

“Bagi alumni jalin terus silaturrahmi dengan sesama almamater khususnya dan dengan keluarga pondok, doakan pondok agar senantiasa diberikan kekuatan dan kemampuan dalam perjuangan,” harap Imam.

Kepada pengurus IKPH, Imam meminta agar memiliki program yang jelas, terarah dan tepat sasaran guna memajukan organisasi dan pondok Modern Al-Hikmah.

Hadir dalam kesempatan tersebut  separuh dari 124 santri yang selesai pendidikan ditingkat SLTA dan beberapa orang guru senior.(ikh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *