Berkat Perjuangan Bupati, Kemenkes RI Tetapkan RSUD Sumbawa sebagai Pengampu Jejaring Pelayanan KJSU-KIA

Sumbawa Besar, Ai9news.id- Perjuangan Bupati Sumbawa Drs H Mahmud Abdullah bersama dinas terkait untuk menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) sebagai Rumah Sakit Pengampu Jejaring Pelayanan Kanker, Jantung, Stroke, dan Uronefrologi serta Kesehatan Ibu dan Anak (KJSU-KIA), kini membuahkan hasil.

Hal tersebut dibuktikan dengan diterimanya secara resmi Surat Keputusan (SK) oleh Bupati Sumbawa dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Jakarta, Kamis, (01/08/2024).

“Alhamdulillah, Rumah Sakit kita RSUD Sumbawa diberikan kepercayaan sebagai Rumah Sakit Pengampu Jejaring Pelayanan Kanker, Jantung, Stroke, dan Uronefrologi serta Kesehatan Ibu dan Anak (KJSU-KIA), oleh Kementerian Kesehatan RI,” ujar Bupati kepada media ini.

Dikatakan H Mo’ sapaan akrab.Bupati Sumbawa, penunjukan RSUD Sumbawa ini menjadi langkah strategis dalam upaya Pemerintah Kabupaten Sumbawa untuk meningkatkan peran dan fungsi RSUD Sumbawa dalam memberikan pelayanan kesehatan yang lengkap dan bermutu kepada masyarakat Kabupaten Sumbawa dan sekitarnya.

“Kami sangat bersyukur dan apresiasi atas kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan,” ungkap Bupati.

Lanjutnya, penunjukan ini adalah sebuah amanah besar yang harus kita emban dengan penuh tanggung jawab. RSUD Sumbawa kini memiliki peran yang lebih strategis dalam memastikan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas, terutama dalam penanganan penyakit kritis seperti kanker, jantung, stroke, uronefrologi, serta kesehatan ibu dan anak.

Bupati juga menegaskan komitmen Pemkab Sumbawa untuk mendukung penuh RSUD Sumbawa dalam menjalankan peran barunya ini.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana serta kapasitas tenaga medis agar RSUD Sumbawa dapat menjadi pusat rujukan yang unggul dan terpercaya di bidang KJSU-KIA,” tambahnya.

Dengan penunjukan ini kata Bupati, RSUD Sumbawa diharapkan mampu memperkuat sistem pelayanan kesehatan di wilayah Sumbawa, tidak hanya dengan menyediakan layanan yang lebih lengkap tetapi juga dengan membina jejaring rumah sakit lain di daerah ini.

Bupati H Mo’ optimis bahwa langkah ini akan membawa dampak positif bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat, khususnya dalam aspek kesehatan.

Dengan diterimanya SK ini, RSUD Sumbawa akan segera memulai langkah-langkah operasional untuk mengimplementasikan peran barunya, termasuk pengembangan layanan medis khusus, pelatihan dan pengembangan tenaga kesehatan, serta peningkatan fasilitas pendukung lainnya.*Ai9)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *