Didaftarkan Sertifikasi Potensi Geografis Kopi Robusta Batulanteh

Sumbawa Besar, Ai9news.id – Bertempat di Aula Pertemuan Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi NTB, kemarin dilaksanakan Pendaftaran Sertifikasi Indikasi Geografis Kopi Robusta Batulanteh Sumbawa, yang dihadiri oleh Kepala Sub Bidang Pelayanan Intelektual Gusti Ngurah Suryana Yuliadi, SH, MH mewakili Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTB beserta jajaran , Tim dari Kabupaten Sumbawa yang dipimpin oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik I Ketut Sumadi Arta, SH beserta Bappeda, Dinas Pertanian dan Dinas Koperindag, Penanggung Jawab Pendampingan dan Pengembangan dari Pusat Penelitian Kopi dan KakaoIndonesia (Puslitkoka) Djoko Soemarno SP, MP, serta Ketua Masyarakat Pelindungan Indikasi Geografis (MPIG) Kopi Robusta Batulanteh Sumbawa Ahdar.

Adapun tujuan dari acara ini adalah melakukan pendaftaran Indikasi Geografis (IG) terhadap Kopi Robusta Batulanteh Sumbawa setelah melalui penantian yang panjang semenjak inisiasi di tahun 2020. Indikasi Geografis adalah suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang dan/atau produk yang karena faktor lingkungan geografis termasuk faktor alam, faktor manusia atau kombinasi dari kedua faktor tersebut memberikan reputasi, kualitas, dan karakteristik tertentu pada barang dan/atau produk yang dihasilkan. IG yang didaftarkan adalah Kopi Robusta Olah Basah dan Olah Kering dengan jenis barang berupa Kopi Biji, Kopi Sangrai dan Kopi Bubuk. Karakteristik Kopi Robusta batulanteh memiliki cita rasa dominan rasa chocolaty, milk chocolaty, caramelly dan spicy. Berdasarkan hasil pengujian Kopi Robusta Batulanteh mempunyai citarasa yang sudah baik dengan cupping score diatas 80.

Proses pendaftaran ini merupakan proses awal dari beberapa tahapan yang harus dilalui antara lain seleksi administrasi, pemeriksaan substantif dan penerbitan sertifikat. Dengan adanya IG ini akan memberikan reputasi, kualitas dan karakteristik yang kuat terhadap Kopi Robusta Batulanteh Sumbawa sehingga dapat bersaing dengan kopi daerah lain yang sudah terkenal seperti Java, Gayo dan lain-lain di kancah nasional maupun internasional.(Ai9/03)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *