Dukung Pelestarian Lingkungan, Kapolres Sumbawa Hadiri Kegiatan Penanaman Pohon Mangrove

Sumbawa Besar,Ai9News.id—  Kapolres Sumbawa, AKBP Bagus Nyoman Gede Junaedi SH, S.IK, M.AP., mengahadiri kegiatan penanaman pohon mangrove dan kegiatan pembersihan pantai yang berlokasi di Pulau Nanga Sira, Dusun Omo, Desa Penyaring, Kecamatan Moyo Utara, Kabupaten Sumbawa.

Kegiatan yang berlangsung pada hari sabtu (26/10/24) pagi itu diikuti dengan antusias oleh peserta, yang terdiri dari anggota TNI-Polri, pejabat pemerintah daerah, instansi terkait dan ratusan pelajar. Mereka bersama-sama menanam ribuan bibit pohon mangrove dan membersihkan pantai dari sampah. Suasana penuh semangat dan kebersamaan tercermin dalam aksi gotong royong ini.

Di sela-sela kegiatan tersebut, Kapolres Sumbawa mengungkapkan pentingnya peran pohon mangrove dalam menjaga keseimbangan ekosistem pesisir. Ia juga turut menghimbau semua peserta untuk bersama-sama menjaga lingkungan agar tetap bersih dan lestari.

Lanjut Kapolres, bahwa selain menjaga kelestarian ekosistem laut, penanaman pohon mangrove ini juga merupakan upaya mendukung program pemerintah sebagai gerakan penghijauan guna mencegah abrasi pantai.

“Pohon mangrove tidak hanya berfungsi sebagai pelindung pantai, tetapi juga sebagai habitat bagi berbagai spesies. Mari kita jaga bersama,” ujarnya.

Menurut Kapolres, Mangrove memiliki peran penting dalam menahan abrasi pantai dan sebagai habitat bagi berbagai jenis fauna laut. Diharapkan, dalam penanaman pohon mangrove ini akan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar, serta menjadi inspirasi bagi masyarakat lain untuk aktif terlibat dalam upaya pelestarian alam.

“Kegiatan penanaman pohon mangrove ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kelestarian lingkungan serta meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya menjaga alam. Dengan semangat yang ditunjukkan, diharapkan aksi serupa dapat terus dilakukan di masa mendatang.” terang Kapolres.

Sementara itu, salah satu masyarakat setempat Bapak Husni memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat. “Kami sangat berterima kasih atas dukungan Kapolres dan TNI-Polri dalam kegiatan ini. Semoga upaya kita ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan,” ungkapnya. (ikh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *