NTB Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Porwanas XV 2027

Banjarmasin, Ai9news.id – Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bakal mengajukan diri sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XV-2027 mendatang, ungkap Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) NTB, Nasruddin Zein usai melakukan Technical Meeting Porwanas Cabor Tenis Lapangan di Lapangan Tenis Dharma Praja Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (20/08/2024).

Jadi ini usulan dan aspirasi rombongan yang ikut dalam Porwanas Banjarmasin. Makanyab kami berharap, siapa pun yang jadi Gubernur nanti, pemerintah daerah siap mendukung penuh usulan PWI NTB sebagai tuan rumah Porwanas 2027, kata Nasruddin.

Dijelaskan, NTB memiliki potensi yang sangat besar. Terutama di bidang pariwisata. Sehingga dengan semakin banyak event yang dilaksanakan, maka potensi wisata NTB akan semakin berkembang.

“Saya yakin ekonomi masyarakat juga akan bertumbuh. Porwanas ini bagi kami adalah sarana yang sangat baik untuk mempromosikan pariwisata NTB. Ribuan wartawan se-Indonesia hadir untuk berlomba, bersilaturahim sekaligus mempromosikan daerah kita,” tukasnya.

Nasruddin mengulas penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) di NTB pada 2016 silam. Di mana saat itu, puluhan ribu wisatawan domestik hadir di NTB, khususnya Pulau Lombok.

“Saat itu Presiden, menteri-menteri serta tokoh-tokoh nasional hadir di Mandalika Lombok. Semua hotel full booking. Semua elemen masyarakat merasakan dampak yang sangat besar,” ujarnya.

Di satu sisi, pada tahun 2028, NTB bersama Nusa Tenggara Timur (NTT) bakal menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON). Sehingga dengan adanya event akbar tersebut, NTB harus menyiapkan segala fasilitas penunjang. Mulai dari sarana prasarana, venue, penginapan, dan berbagai persiapan lainnya.

Sebelum PON berlangsung, biasanya akan ada evaluasi. Nah, Porwanas ini juga bisa nimbrung di beberapa venue yang sudah disiapkan itu, pungkasnya.

Selain NTB, terdapat dua provinsi lainnya mengajukan diri sebagai tuan rumah Porwanas XV-2027. Keduanya yakni Provinsi Lampung dan Daerah Istimewa Yogyakarta.(Ai9/03)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *