Paket RASA Tekankan Pentingnya Akses Keuangan Bagi Masyarakat Sumbawa

Sumbawa Besar, Ai9news.id – Pasangan Calon Bupati Sumbawa dan Wakil Bupati Sumbawa Abdul Rafiq SH bersama H Sahril SPd MPd menyoroti pentingnya akses keuangan bagi kesejahteraan masyarakat, terutama petani, peternak, UMKM, nelayan, kelompok pemuda, dan pemerhati lingkungan hidup.

Ia menekankan peran Pemerintah Daerah dalam memfasilitasi akses tersebut dan mendorong pengembangan ekonomi desa melalui implementasian sebuah inovasi yang dilakukan oleh kampus atau swasta.

“Untuk Akses Keuangan, Pemerintah daerah perlu menciptakan kemudahan akses masyarakat terhadap sumber pembiayaan atau keuangan. Ini akan menjadi fokus utama Pasangan RASA” ungkap Rafiq dalam keterangan Persnya dari Jakarta, Jumat 16 Agustus 2024.

Terhadap Petani dan Peternak menurutnya Pemerintah daerah dapat membantu petani dan peternak mengatasi masalah permodalan dengan memberikan akses kepada perbankan dan mengaktifkan keberadaan BUMDES.

“Demikian pula dengan UMKM, penguatan UMKM berbasis desa akan dilakukan dengan tujuan mendorong munculnya startup dan usaha ekonomi kreatif di desa-desa, dan terhadap inovasi, maka peran dari akademisi atau kampus akan dikembangkan dan diimplementasikan mana yang relevan dengan kondisi daerah hingga di desa-desa untuk menghasilkan produk yang dapat diterima pasar,” tukas Rafiq.

Pasangan RASA juga memahami peran Kelompok Pemuda dan Pemerhati Lingkungan Hidup kata Rafiq, dalam hal ini Pemerintah Daerah dapat memberikan akses pembiayaan kepada kelompok pemuda dan pemerhati atau aktivis lingkungan hidup dengan menata kelembagaannya.

“Jika diimplementasikan dengan baik, pendekatan ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat, khususnya di pedesaan. Akses keuangan yang lebih baik akan membantu masyarakat mengembangkan usaha mereka, sementara pengembangan ekonomi desa dan pemanfaatan inovasi akan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat,” pungkas Rafiq.(Ai9/03)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *