Pjs Bupati Sumbawa Tinjau Produksi Garam Labuhan Kuris

Sumbawa-Besar,Ai9News.id– Pjs. Bupati Sumbawa, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., MM, meninjau sentra produksi garam di Desa  Labuhan Kuris, Kecamatan Lape, Sabtu,(19/10). Peninjauan ini dilakukan dalam rangka optimalisasi sumber daya pesisir yang berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat Kecamatan Lape.

Dr. Najam yang didampingi Camat Lape, sejumlah Kepala Bagian, dan Kepala OPD menyampaikan bahwa sektor kelautan dan perikanan, termasuk produksi garam, merupakan sektor penting yang harus terus didorong.

”Sentra produksi garam di Labuhan Kuris memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah akan berupaya maksimal untuk mendukung optimalisasi sumber daya ini,” ujar Dr. Najam.

Dalam dialog bersama petani garam di lokasi, mereka menyampaikan harapan agar pemerintah dapat memfasilitasi pengadaan peralatan modern yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas hasil produksi garam. Di antaranya mesin untuk pengolahan garam menjadi garam halus dan beryodium. Mereka berharap dengan adanya dukungan ini, produk garam lokal dapat lebih bersaing di pasar, baik di tingkat regional maupun nasional.

Menanggapi hal tersebut, Dr. Najam menyatakan komitmennya untuk mengupayakan dukungan yang dibutuhkan oleh para petani garam.

Kami akan melakukan kajian dan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk memfasilitasi pengadaan alat-alat produksi yang diperlukan. Pengembangan produk garam beryodium sangat penting, baik dari Sisi kesehatan masyarakat maupun untuk memperkuat daya saing ekonomi lokal,” jelasnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian agenda pemerintah Kabupaten Sumbawa untuk memberdayakan masyarakat pesisir melalui berbagai program. Peninjauan yang dilakukan Pjs. Bupati Sumbawa ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk mempercepat peningkatan kualitas sektor kelautan dan perikanan, termasuk produksi garam di Kecamatan Lape. (Enk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *