Rafiq Sahril Letakkan Misi Kemudahan Akses Keuangan Bagi Petani, Peternak dan Nelayan untuk Pengembangan Ekonomi Desa

Sumbawa. -Ai9news.id-  Pasangan Calon Bupati Sumbawa dan Wakil Bupati Sumbawa Abdul Rafiq SH – H Sahril SPd. MPd sangat memahami pentingnya akses keuangan bagi kesejahteraan masyarakat, terutama petani, peternak, UMKM, nelayan, kelompok pemuda, dan pemerhati lingkungan hidup. Ia menekankan peran pemerintah daerah dalam memfasilitasi akses tersebut dan mendorong pengembangan ekonomi desa melalui inovasi.

“Pasangan RASA meletakkan salah satu visi dan misinya terhadap hal ini yakni memberikan jaminan akan ketersedian pupuk,harga komoditas sesuai HPP, dan infrastruktur pertanian yang layak. Ketika semua itu tercapai,barulah konsep agro industri akan tercapai” ujarnya di Sumbawa Senin 19 Agustus 2024.

 

Rafiq dan H Sahril sangat memahami dengan kewenangan yang dimiliki oleh kepala Daerah, maka Pemerintah daerah dapat menjadi fasilitator menciptakan kemudahan akses masyarakat terhadap sumber pembiayaan atau keuangan. “Ini akan menjadi fokus utama Rafiq Sahril sebagai calon Bupati Sumbawa dan Wakil Bupati Sumbawa” tegasnya.

Dikatakannya, Kami membuat program yang akan membantu petani, peternak dan nelayan mengatasi masalah permodalan dengan memberikan akses kepada perbankan dan mengaktifkan keberadaan BUMDES.

“Hal ini juga pernah dilakukan pada masa Pemerintahan masa lalu. tinggal kita sesuaikan dengan kondisi terkini, tingkat kemandirian kelompok tani dan Gapoktan serta nelayan. Seiring dengan itu dilakukan penguatan UMKM berbasis desa dengan tujuan mendorong munculnya startup dan usaha ekonomi kreatif di desa-desa”. ungkapnya

Pendekatan secara ilmiah juga perlu diperhatikan melalui Inovasi dari akademisi yang akan diuji coba dan diimplementasikan di desa-desa untuk menghasilkan produk yang dapat diterima pasar.

Hal lain yang tidak bisa diabaikan adalah keberadaan Kelompok Pemuda dan Pemerhati maupun aktivis Lingkungan Hidup. “Untuk para Pemuda kita support talentanya merangkul ide dan gagasan kreatifnya sehingga menjadi produktif melalui pembinaan dan pendampingan usaha” imbuhnya.

Jika program ini diimplementasikan dengan baik, pendekatan ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat, khususnya di pedesaan. “Akses keuangan yang lebih baik akan membantu masyarakat mengembangkan usaha mereka, sementara pengembangan ekonomi desa dan pemanfaatan inovasi akan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *