Visi Indonesia Emas 2045, Ini Yang Telah dan Akan Dilakukan Pemkab Sumbawa

Sumbawa Besar, Ai9news.id- Untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, pembangunan dalam 20 tahun ke depan harus menggunakan paradigma baru yang lebih merata, berkeadilan, ramah lingkungan serta berkesinambungan.

Hal tersebut juga semestinya menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan di daerah-daerah. Dengan harapan, pemerintah daerah dapat memanfaatkan kearifan lokal, potensi, inovasi, daya saing dan kreativitas daerahnya guna mencapai tujuan pembangunan di tingkat lokal yang pada akhirnya akan mendukung pencapaian tujuan nasional tersebut.

Guna mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, dibutuhkan keterlibatan semua pihak, termasuk di dalamnya komitmen kepala daerah hingga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Bupati Sumbawa, Drs. H.Mahmud Abdullah Abdullah di Ruang Rapat Hasan Usman Lantai I Kantor Bupati Sumbawa, Rabu, 24 Juli 2024 lalu saat pertemuan secara Virtual dengan salah satu media Nasional.

Bupati Sumbawa yang menjelaskan bahwa pemkab Sumbawa telah mengimplementasikan program-program unggulan seperti peningkatan layanan kesehatan dengan ambulans desa, menyediakan insentif untuk guru ngaji dan petugas rumah ibadah.

Kemudian program UHC yang telah mencakup hampir 98,000 jiwa, peningkatan kualitas tenaga pendidik dan kesehatan, pengembangan UMKM dan Ekonomi Kreatif yang mencakup penggratisan label BPOM dan label Halal, memberikan bantuan kemandirian bagi komunitas milenial dan pelaku ekonomi kreatif, juga berbagai program untuk mendukung sektor pertanian, peternakan, serta perikanan sebagai sektor ungulan.

Serta yang penting yakni pengembangan infrastruktur seperti pembangunan jalan dan jembatan juga peningkatan pelayanan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat.

Selanjutnya, Bupati juga menegaskan bahwa program-progam kepunyaan Kabupaten Sumbawa ini selaras dengan visi Indonesia Emas 2045, yang berfokus pada pembangunan yang berkelanjutan, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan pemberdayaan ekonomi lokal.

“Program-program ini dirancang untuk menciptakan masyarakat yang lebih sejahtera, berpendidikan, dan mandiri, yang merupakan inti dari visi Indonesia Emas 2045”, ungkap Bupati.

Kemudian, Bupati juga memperjelas dukungannya terhadap visi Indonesia Emas 2045. Ia mengatakan bahwa visi tersebut merupakan visi yang ambisius namun realistis, yang menekankan pentingnya pembangunan berkelanjutan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Kami yakin dengan kerja keras dan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah, visi ini dapat terwujud dan membawa Indonesia menjadi negara yang lebih maju dan sejahtera” ujarnya.

Sementara itu, mengenai smart leadership dan smart execution, Bupati mengatakan bahwa pemkab Sumbawa telah melakukan berbagai inovasi, termasuk peningkatan pelayanan publik untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi, meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan serta pengembangan pariwisata berbasis budaya lokal dan ekowisata.

Lanjut, program pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pelatihan kewirausahaan dan bantuan modal usaha. Kemudian, dibidang infrastruktur pemkab Sumbawa terus berusaha membangun komunikasi dengan pemerintah pusat dan provinsi guna meningkatkan konektifitas wilayah dan memenuhi kebutuhan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat. Serta, menerapkan pendekatan smart leadership dengan mengutamakan transparansi, akuntabilitas, dan berbasis data dalam pengambilan keputusan.

Dengan segala upaya yang dilakukan pemkab Sumbawa, Bupati Mo sapaan akrabnya berharap agar kabupaten yang memiliki julukan “Tana Intan Bulaeng” ini dapat terus berkembang menjadi daerah yang maju, sejahtera,dan berdaya saing.

“Saya berharap masyarakat Sumbawa dapat merasakan manfaat dari setiap program yang kami jalankan hingga nantinya dapat mewujudkan visi Indonesia Emas 2045”, tegasnya.

Terkahir, tak lupa ia juga mengajak para generasi muda Sumbawa untuk dapat mengambil peran aktif dalam pembangunan daerah hingga menjadi pemimpin masa depan yang handal. (*Ai9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *