Seleksi Calon Kepala Sekolah Akan Ditunda .

Sumbawa,Ai9News.id- Kegiatan seleksi Calon Kepala Sekolah (Cakep) yang rencananya digelar sekitar bulan April 2021, sepertinya belum dapat dilaksanakan. Pasalnya, Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) Kemendikbud, sebagai penyelenggara belum memberikan sinyal kesiapan melaksanakan kegiatan tersebut. “Untuk seleksi Cakep ini sepertinya belum bisa dilaksanakan dalam waktu dekat,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, melalui Kasi Pendidik Pendidikan Dasar Bidang Pembinaan Ketenagaan, Sutan Syahril SSos.

Karena belum ada kesiapan dari LP2KS ungkap  Sutan Syahril, yang ditemui, Senin (29/03), pendaftaan peserta belum bisa dilakukan. “Nanti kalau LP2KS nya sudah siap, baru pendaftarannya kita buka. Untuk kuota seleksi Cakep ini kita belum tahu,” ujarnya.

Yang pasti lanjutnya, untuk dapat mengikuti seleksi Cakep ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Guru-guru yang mau ikut minimal memiliki pangkat III C, berpendidikan S1 serta memiliki sertifikat pendidik. Kebutuhan calon kepala sekolah di Kabupaten Sumbawa, bisa dibilang cukup mendesak. Sebab semakin banyak jabatan kepala sekolah yang lowong. Hingga Desember 2021 mendatang saja, ada sekitar 70 kepala sekolah jenjang SD, yang akan kosong karena di tinggal pensiun. Sementara untuk jenjang SMP sekitar 10 orang.
Memang ada 48 Cakep yang dinyatakan lulus setelah mengikuti Diklat tahun 2020 lalu. Namun, jumlah ini tentunya belum mencukupi dengan kebutuhan. Mereka juga belum diangkat sebagai kepala sekolah, karena memang baru lulus. Terang Syahril.

Lalu bagaimana dengan Diklat Calon Pengawas (Cawas) ?  Untuk Cawas tambah Sutan Syahril, pesertanya sudah ada sebanyak 49 orang. Mereka ini sebelumnya sudah dinyatakan lulus seleksi subtansi, dan sekarang tinggal dilajnutkan dengan kegiatan Diklat.

“Kapan Diklatnya ini dilaksanakan, itu tergantung kesiapan LP2KS juga. Kemarin kita sudah siapkan anggaran untuk Diklat sistem Daring, tapi pihak LP2KS siap dengan pola Luring, sementara anggaran untuk itu (Luring) belum kita siapkan,” pungkasnya. *Ai9)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *