Bupati Sumbawa Buka Secara Resmi MTQ ke – 35 Tingkat Kabupaten di Lape

Sumbawa Besar, Ai9news.id – Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah mengadiri sekaligus membuka secara resmi MTQ ke-35 Tingkat Kabupaten tahun 2023 di Kecamatan Lape terpilih sebagai tuan rumah, Ahad (12/11) yang dihadiri Wakil Bupati Sumbawa, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Sumbawa, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Asisten Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Anggota FKPD, Kepala perangkat daerah dan kepala bagian lingkup pemerintah kabupaten Sumbawa, Kepala Kementrian Agama Sumbawa beserta jajarannya, Camat, Lurah, Kepala Desa Se-Kabupaten Sumbawa, pimpinan Lembaga perbankkan, BUMN/BUMD dan instansi vertikal di wilayah Kabupaen Sumbawa, Ketua MUI Kabupaten Sumbawa, Ketua LPTQ Kab. Sumbawa, Ketua tIM Penggerak PKK Kabupaten Sumbawa, Para Dewan Hakim, Pimpinan dan Pendamping kafilah serta para peserta MTQ, para ulama , pemuka Masyarakat, tokoh pemuda, tokoh Wanita, insar pers dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada segenap panitia dan semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan MTQ yang sangat meriah dan khidmad ini.

Bupati juga tak lupa menyampaikan terimakasi kepada Camat Lape (Elfi Wahyuni, SH) yang sudah bahu membahu bersama jajarannya baik dari pemerintah desa, kecamatan dan segenap masyarakatnya untuk mendirikan arena MTQ yang kokoh dan indah ini, semoga kegiatan ini nantinya dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib hingga malam penutupan nanti.

Kegiatan ini dilaksanakan agar kita semua dapat meningkatkan jejak peradaban yang ditandai dengan perubahan pola pikir, kebiasaan serta karakter, dari pemikiran yang sebelumnya eksklusif menjadi pemikiran yang inklusif dan maju, suhingga visi Kabupaten Sumbawa Gemilang yang berkeadaban bisa kita perkuat .

Melalui kegiatan MTQ ini juga Bupati Sumbawa berharap agar nantinya dapat menumbuhkan spirit dan energi bagi seluruh lapisan masyarakat untuk dapat mengamalkan pemahaman tentang Al-Qur’an dalam kehidupan nyata.

Haji MO (sapaan akrab Bupati Sumbawa) juga mengucapkan selamat datang kepada para kafilah dan berharap agar para kafilah yang berasal dari 24 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumbawa ini dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, dan kepada Dewan Hakim disampaikan penghargaan yang tulus dan berpesan untuk memberikan penilaian yang seobyektif mungkin sesuai dengan kaidah musabaqah yang telah ditetapkan.

Selanjutnya ditempat yang sama pembacaan SK tentang pembentukan Dewan hakim Musabaqah Tilawatil Qur’an  XXXV Tingkat Kabupaten Sumbawa tahun 2023 oleh Kepal Bagian Kesra Setda Kab. Sumbawa Evi Supiati, S.STP.,M.Si diantaranya : H. Faisal Salim, S.Ag.,M.M.Inov sebagai Koordinator Dewan Hakim, Mulyadi, S.Pd.I sebagai Sekretaris Koordinator, Drs. H. Abdullah, SY sebagai Ketua Majelis 1 Dewan hakim Cabang Tilawah Gol. Dewasa dan Gol. Remaja, H. Ardi Suzami, SE.I.,M.M.Inov sebagai Ketua Majelis 3 Dewan Hakim Cabang Tilawah Golongan tartil  dan Tilawah Gol. Anak-anak, H. Munajat, Lc sebagai Ketua Majelis 3 Cabang Qira’at Al-Qur’an, H. Ahmad Arifin, Lc.,M.M.Inov sebagai Ketua Majelis 4 cabang Hifz Al-Qur’an Gol. 1 Juz dan Tilawah  dan Cabang Hifz Al-Qur’an Gol. 10 Juz dan Tafsir – Al-Qur’an, Lukman Ahmadi, S,Pd sebagai Ketua Majelis 5 Cabang Hifz Al-Qur’an Gol. 5 Juz dan tilawah dan Cabang Hifz Al-Qur’an Gol. 20 Juz dan 30 Juz, Adiat Hasan, S.Ag sebagai Ketua Majelis 6 Dewan hakim Cabang Fahmil Qur’an, Nasrullah, S.Sos.I sebagai Ketua Majelis 7 Cabang Syahril Qur’an, Hidayatullah, S.Hi Sebagai Ketua Majelis 8 Hakim cabang Khottil Qur’an, Muhibbi, M.Pd sebagai Ketua Majelis 9 Dewan hakim M2IQ,
Madroni, S.Hi sebagai panitera/Maqro’/Soal Majelis I, II, III, IV, Ilham Bahtiar sebagai panitera/Maqro’/Soal Majelis V, VI, VII, VIII, Herman sebagai Panitera/teknisi lampu

Camat Lape sekaligus tuan rumah pelaksanaan MTQ tahun 2023_Elfi Wahyuni, SH dalam laporannya menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan Keputuan Bupati Nomor 274 tahun 2023 yang menunjuk kecamatan Lape sebagai tuan rumah atau lokasi penyelenggaraan MTQ ke 35 Tk. Kabupaten Sumbawa tahun 2023. Keputusan ini diambil sebagai bagian dari Upaya pemerintah dalam melestarikan Al-Qur’an , meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat terhadap Al-Qur’an serta memperkuat semangat persatuan dan kebersamaan.

Adapun tema MTQ tahun ini “MTQ KE-35 TINGKAT KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2023 SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK GENERASI BERKARAKTER QU’ANI UNTUK MEWUJUDKAN SUMBAWA GEMILANG YANG BERKEADABAN”, dengan jumlah peserta MTQ ke 35 tahun 2023 keseluruhannya terdiri dari 791 peserta, 48 orang officel, 48 orang pendamping, peninjau 48 orang , pelatih 120 orang. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 12 sampai 19 November 2023, dan ada 9 majelis bertempat di Kecamatan Lape yang telah disediakan.(Ai9/03)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *