Pemda Kabupaten Sumbawa Ikuti Seminar Nasional “Netralitas ASN dalam Menjaga Suasana Kondusif pada PEMILU 2024”

Bandung. Ai9News.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa diwakili Kabid PPM Bappeda Kabupaten Sumbawa Yuni Ilmi Kurniati S STP,M.Si mengikuti Seminar Nasional “netralitas ASN dalam menjaga suasana kondusif pada PEMILU 2024” dan silahturahim nasional yayasan PARADE purna Praja 08 STPDN 1996-2000 di Jatinangor Sumedang provinsi Jawa Barat

Dihubungi awak media Senin (13/11/2023) disebutkan bahwa acara di gelar di Hotel Puri jatinangor Sumedang Jawa Barat Bidakara, Kamis (12/10/2023) lalu, oleh Panitia penyelenggara Yayasan PARADE 08 pada Institut Pemerintahan Dalam Negeri IPDN Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri.

Kegiatan ini diikuti oleh purna praja alumni angkatan 08 STPDN Tahun 1996-2000 yang berasal dari 27 Provinsi se-Indonesia (tahun 1996) yan telah menyebar ke 34 Provinsi di Indonesia termasuk di Negara Timor Leste, dengan mengangkat tema hangat yang menjadi tantangan dan semangat bagi seluruh ASN di Indonesia tentang Netralitas ASN dalam menjaga dan menyongsong pesta demokrasi yang akan di gelar pada Tahun 2024, yakni Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Umum Anggota Legislatif (Anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota) serta pemilihan Umum Kepala Daerah Provinsi dan Kepala daerah Kabupaten/Kota Se-Indonesia secara serentak pada Bulan Februari 2014 dan Bulan November Tahun 2024 yang akan datang.

Dijelaskannya, hadir dalam kesempatan tersebut purna praja angkatan 08 para Pj, Walikota Pekan Baru Bapak Muflihun, S.STP, M.Si, Sekretaris daerah kabupaten/Kota, Kepala Badan/Dinas, Camat, Kepala Bidang, maupun pejabat administrator, pejabat pengawas, jafung, dose dan lainnya sebagai peserta seminar nasional.

Kegiatan seminar ini di moderatori oleh Budi Saptaji , S.STP, M.Si kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dari Kota tegal, dan Nara Sumber dari Pj, Walikota Pekan Baru Muflihun, S.STP, M.Si dan Narasumber Prof. Dr. Fernandes Simangunsong, S.STP, S.AP, M.Si purna praja angkatan 07 dan juga dosen dan guru besar IPDN.

Kemudian lanjut Yuni, Pokok-pokok Paparan yang disampaikan diantarnya adalah pandangan akademis tentang Netralitas ASN dalam menjaga suasana kondusif pada pemilihan Umum 2024 di Indonesia.

“Mengikuti perkembangan paradigma pemerintahan pasca lahirnya UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil negara (ASN), UU nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, UU Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi pemerintahan” bahwa Penguatan Integritas Tugas ASN adalah Full melayani negara dan masyarakat.

Masalah pemilihan selesai setelah tahu siapa yang menang – siapa yang kalah, jika memperhatikan teori dan beberapa hal Leonard D White mengatakan bahwa “political is finish, administration is began”artinya Pemerintahan adalah bisnis kepercayaan (high trust low trust distruct-diskusi -demo makar)

“Pemerintahan itu ada untuk melayani kepentingan negara dan masyarakat, bukan sebaliknya (autopilot of government – good governance-shadow governance)

Oleh karena itu setiap ASN harus menjaga kondusifitas dan netralitas ASN dalam pelaksanaan Pemilihan Umum” Urai Yuni.

Selanjutnya urai Yuni, ada arahan dan paparan oleh Pj, walikota Pekanbaru tentang penguatan sinergitas, kebersamaan dan semangat pantang menyerah dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai ASN. Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin selama kita berupaya mencoba untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dan menjaga kondusifitas dan mendorong terwujudnya pelaksanaan netralitas Asn dan Pemilu yang aman dan lancar.

Selain seminar, kegiatan ini juga mempererat silahturahim yang terjalin dan reuni bersama angkatan 08 se Indonesia , mengenang tahun 1996 perjalanan cerita suka dan duka tahun 1996 – 2000 ,

“11 Agustus 2000 yg telah membawa perjalanan cerita dan takdir yang berbeda namun kembali disatukan dalam kebersamaan melepas semua atribut dan mempererat silahturahim serta pelaksanaan oubond pada diksamnerit CIKOL DODIK Bela Negara Lembang Jawab Barat, bertukar pikiran tentang tugas dan fungsi yang diemban serta tantang dan upaya kedepan untuk bersama menjaga negratlitas aASN serta menyongsong Indonesia emas 2045″Pungkas Yuni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *