Wabup Sumbawa: Cerita Rakyat Warisan Yang Perlu Tetap Dijaga dan Dilestarikan

Sumbawa Besar, Ai9news.id – Wakil Bupati Sumbawa membuka Kegiatan Gelar Wicara Cerita Rakyat Sumbawa dalam rangka Memperingati Hari Dongeng Nasional 2023 yang dilaksanakan di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Jum’at (1/12/2023), yang juga dihadiri Ketua Yayasan Bina Olah Alam Nasional (BOAN) Sumbawa, Dinas dan OPD terkait, Korwil serta Bapak dan ibu guru.

Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan Hari Dongeng Nasional bukan sekadar momen berbagi Cerita, tetapi penghargaan terhadap kekayaan warisan nenek moyang di Masa lampau. Kekayaan Budaya dan Warisan Leluhur telah menjadi bagian tak terpisahkan Dari indentitas Masyarakat Sumbawa.

Acara ini lanjut Wabup Novi, merupakan upaya melestarikan dan mengenang kembali kekayaan Cerita Rakyat yang melandasi kehidupan masyarakat Sumbawa. “Cerita Rakyat merupakan sebuah Warisan yang perlu tetap dijaga dan dilestarikan karena Cerita Rakyat merupakan Pintu menuju pemahaman lebih dalam tentang nilai-nilai dan norma yang mendasari kehidupan masyarakat Sumbawa,” ujarnya.

Momen ini dapat dijadikan sebagai peluang untuk membangun Kolaborasi yang lebih erat antara Pemerintah, masyarakat dan berbagai pihak terkait melestarikan Warisan Budaya yang ada.

Kegiatan ini juga diadakan peluncuran buku Cerita Rakyat Sumbawa yang berjudul _Jompong Suar, Batu Tongkok, Paruma Ero,_ dan _Ai Mangkung_. Buku ini kemudian diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Sumbawa kepada korwil – korwil Sekabupaten Sumbawa.(Ai9/03)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *