Ketua Dekranasda Jatim Kunjungi NTB, Bunda Lale Kenalkan Berbagai Potensi Kerajinan

Mataram, Ai9news.id- Ketua Dekranasda Provinsi NTB, Hj. Lale Prayatni Gita Ariadi menerima kunjungan Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak di NTB Mall, Selasa (19/12).

Bunda Lale memperkenalkan berbagai potensi kerajinan yang ada di NTB, salah satunya tenun yang memiliki keragaman motif disetiap Kabupaten/Kota.

“Alhamdulillah kami memiliki berbagai  potensi kerajinan yang luar biasa. beberapa kerajinan tersebut antara lain; tenun dengan keragaman motif yang berbeda di setiap sentra tenun, yaitu Sentra Tenun Sukarara Loteng, Bayan Klu, Pringgasela Dan Sembalun Lotim, Gumisa, Gunung Malang  Lobar, Mantar Ksb, Poto Sumbawa, Dompu Dan Bima,” tuturnya.

Terdapat juga Gerabah di Banyu Mulek Lobar, Penujak Loteng dan Masbagik Lotim, ketaq di Karang Bayan, Mutiara di Lobar, KLU, Lotim dan Bima. kerajinan daur ulang tas kresek dikembangkan oleh ayibba craft dan serat nanas oleh UKM pinnalo. tikar pandan dan lontar di Lotim, bambu di Loyok Lotim dan Loteng dan batik sasambo.

Dalam rangka mengembangkan potensi kerajinan, Dekranasda NTB telah melaksanakan kegiatan peningkatan SDM dan pemasaran, peningkatan SDM dengan kegiatan inkubasi fashion, sertifikasi designer NTB, workshop desain fashion, gerabah dan perhiasan, bedah kemasan, Dekranasda Award, lomba desain busana berbahan tenun NTB (lombok sumbawa tenun festival), pendidikan kecakapan wirausaha tekun tenun, sedang pemasaran antara lain berpartisipasi pada pameran kriya nusa, pameran HUT Dekranas, pameran pada tokyo gift show (mawar rianti ketaq), pameran interior lifestyle  di tokyo 9UKM Ketaq Nusantara) serta planogram pada motogp dan G20.

Adapun penghargaan yang telah dicapai oleh Dekranasda NTR, antara lain Dekranas Award produk kriya, dimana hampir setiap tahun ntb berhasil mendapatkannya. UKM yang berhasil antara lain, Lombok NTB Pearls,  Lamops, Mawarianti Ketaq dan Ayibba Craft,
Dekranas Award sebagai pembina terbaik,
desain kriya mutiara dan kulit kerang pada beberapa kegiatan tingkat nasional antara lain kki, dekranas award, majalah femina, dll. ukm yang berhasil adalah lombok ntb pearls dan lamops, World Craft Council Award karya UKM Mawarianti Ketaq, dengan produk tas ketaq motif tenun NTB dan mawarianti ketaq, juga mendapatkan ovop one village one produk, bintang 5 yang diadakan oleh jetro, serta Juara 1 lomba tudung saji tingkat nasional yang diadakan oleh kementrian perindustrian diwakili oleh ukm ud purnama salah satu UKM Binaan dekranasda ntb juga dipercaya untuk membuat pin para delegasi G20.

Sementara itu, Ketua Dekranada Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak mengaku sangat senang dapat mengunjungi Provinsi NTB dan melihat berbagai produk – produk lokal yang ada di NTB.

“Ada banyak sekali proudk kerajinan yang luar biasa, dari makanan, minuman, sambel, terasi, makanan ringan yang dikemas luar biasa, ada home dekor, kayu-kayuan dan meja, sampai dengan mutiara dan juga baju baju, ada kurang lebih ribuan produk yang ada disini, seneng banget saya bisa kesini melihat kerajinan hasil karya para umkm se – NTB,” tutur Arumi.(Ai9/03)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *