Lalu Lintas Sarang Burung Walet Dari Sumbawa Meningkat

Sumbawa-Besar,Ai9News.id–Karantina Sumbawa Wilayah Kerja Badas, kembali melakukan sertifikasi terhadap 100 kg sarang burung walet (SBW) yang rencananya akan dikirim ke Jakarta via ekspedisi.

“Pemeriksaan fisik dilakukan untuk memastikan kesesuaian jenis dan jumlahnya. Pemeriksaan organoleptik dan kemasan juga dilakukan agar SBW aman, tidak rusak dan tidak terkontaminasi. Setelah dilakukan tahapan pemeriksaan maka dapat diterbitkan sertifikat sanitasi produk hewan sebagai jaminan sehat dan layak diberangkatkan ke Jakarta,” Ungkap Priono, Dokter Hewan Karantina yang melakukan pemeriksaan.

“Jelang libur akhir tahun atau natal dan tahun baru, pengiriman SBW asal Sumbawa meningkat” jelas Priono

“Sarang burung walet tersebut dikirim ke kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Medan, Surabaya dan lainya tercatat dari data IQfast per akhir November lalu saja, lalulintas perdagangan SBW keluar wilayah sebanyak 525 kali dengan total 15.146 kilogran” jelas Priono

Karantina Pertanian Sumbawa, lanjut Priono, selalu memastikan bahwa setiap komoditas yang dilalulintaskan aman dan bebas dari Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK).(ikh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *