Bupati Sumbawa Resmikan Sekolah Lansia Labuhan Ijuk

Sumbawa Besar, Ai9news.id – Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, membuka secara resmi penyelenggaraan Sekolah Lansia Desa Labuhan Ijuk, di Kantor Desa Labuhan Ijuk, Kec. Moyo Hilir, Kamis 20 Juni 2024.

Bupati Sumbawa dalam sanbutannya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada BKKBN (DP2KBP3A) Sumbawa yang telah menginisiasi program sekolah lansia ini dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup lansia menjadi sangat penting dan mendesak.

Bupati Haji Mo akrab disapa, berharap agar edukasi terkait lansia dapat disampaikan kepada masyarakat, khususnya keluarga yang memiliki lansia, dan meminta kepada PKB/PLKB maupun tenaga kesehatan untuk memberikan edukasi seluas-luasnya kepada keluarga lansia terkait pengasuhan lansia.

“Selain itu, semoga sekolahan ini dapat terselenggara dengan baik dan berkelanjutan, sehingga dapat diikuti oleh desa-desa lain di Kabupaten Sumbawa, karena sekolah lansia ini melengkapi keberadaan karang lansia sebagai tempat berkumpulnya lansia di masyarakat,” ujar Haji Mo.

Sementara itu, Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumbawa Jannatulfalah, S.AP., menyatakan penyelenggaraan sekolah lansia ini untuk memberikan informasi dan edukasi kepada orang tua kami terkait dengan kelanjut usiaan.

Tujuan dari penyelenggaraan sekolah lansia ini adalah menyiapkan para lansia agar selalu smart, sehat, mandiri, dan produktif, dimana sekolah lansia Desa Labuhan Ijuk ini adalah satu-satunya di Kabupaten Sumbawa, ujarnya.

“Harapannya, sekolah ini dapat memberikan manfaat yang besar dalam mensejahterakan kelompok lansia dan keberhasilan/pengalaman belajarnya kelak dapat ditiru dan diterapkan di tempat lain, dan saat ini jumlah calon siswa sekolah lansia ini hingga hari ini berjumlah 45 orang, yang telah dilakukan screening kesehatan (tanggal 5 Juni lalu) dan dinyatakan layak untuk mengikuti kegiatan pembelajaran terkait lansia ini,” papar Janatulfallah.(Ai9/03)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *