HBP Ke-60, Jajaran Pemasyarakatan gelar Upacara dan Syukuran

Sumbawa Besar, Ai9news.id – Tanggal27 April merupakan momentum peringatan Hari Lahir Sistem Pemasyarakatan sebagai re-tool-reformasi sistem peradilan pidana di Indonesia yang awalnya menganut Sistem Penjara dengan maksud memberikan efek jera “penjeraan” menjadi Sistem Pemasyarakatan dengan tujuan rehabilitasi dan pembinaan agar menjadi masyarakat yang lebih baik, mandiri, dan bertanggung jawab.

Puncak peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60 Tahun 2024, Sabtu (27/04) yang diperingati dengan Upacara dan Syukuran oleh seluruh Jajaran Pemasyarakatan di Indonesia. Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sumbawa Besar bersama dengan seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham NTB di Kabupaten Sumbawa menggelar upacara dan syukuran bertempat di Lapangan Upacara Lapas Sumbawa Besar.

Kalapas Sumbawa Besar, Purniawal menyampaikan bahwa peringatan HBP Ke-60 tahun 2024 ini merupakan momentum untuk terus membangkitkan semangat jajaran pemasyarakatan dalam mengabdi kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

“Sistem Pemasyarakatan lahir pada tanggal 27 April 1964 yang merupakan salah satu momen penting dalam sejarah Indonesia yaitu sebagai Transformasi besar pergeseran paradigma dari sistem Kepenjaraan menjadi Sistem Pemasyarakatan. Genap di usia ke-60 tahun, dengan mengusung tema Pemasyarakatan PASTI Berdampak, jajaran pemasyarakatan terus mengambil peran aktif serta berkontribusi positif bagi kemajuan bangsa dan negara. Terus semangat menghadirkan kepastian hukum dan keadilan. Salam Pemasyarakatan,” papar Kalapas Purniawal.(Ai9/03)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *